Selasa, 30 April 2013

langkah-langkah dalam menentukan media iklan menurut Saladin

Pengiklan memilih media iklan untuk menyampaikan pesan. Adapun langkah-langkah dalam menentukan media iklan menurut Saladin ( 2002 : 132 ), adalah sebagai berikut : a. Menetukan jangkauan, frekuensi serta dampak iklan Pada dasarnya pemilihan media adalah masalah mencari cara dengan biaya yang paling efektif untuk menyampaikan sejumlah pembeberan yang dikehendaki kepada khalayak sasaran. Pengaruh pembeberan iklan terhadap kesadaran khalayak sasaran tergantung kepada jangkauan, frekuensi dan dampak iklan. b. Memilih antara jenis-jenis media Perencanaan media menjatuhkan pilihannya untuk memakai media tertentu berdasarkan beberapa variable, yaitu : 1. Kebiasaan media yang disenangi ileh khalayak ramai. Misalnya radio dan televise adalah media yang paling efektif untuk menarik perhatian khalayak ramai, 2. Produk c. Memilih sasaran media tertentu Audiens memiliki beberapa ukuran, yaitu : 1. Sirkulasi yaitu, jumlah unit fisik yang memuat iklan. 2. Audiens yaitu, jumlah orang yang dapat dicapai oleh saran itu ( jika sarana itu dapat diteruskan untuk dibaca orang lain, maka audiens lebih besar daripada sirkulasinya ) 3. Audiens efektif yaitu, jumlah orang yang memenuhi criteria karakteristik audiens sasaran yang mendapat paparan oleh sasaran tersebut. 4. Audiens yang terpapar secara efektif yaitu, jumlah orang yang memenuhi criteria karakteristik audiens sasaran yang betul-betul melihat iklan tersebut. d. Menentukan waktu media Pola yang efektif tergantung pada tujuan komunikasi yang berkaitan dengan sifat produk, konsumen sasaran, saluran distribusi dan factor-fakto lainnya. Pola waktu harus memperhatikan tiga gaktor yaitu : 1. Perputaran pembeli yang menyatakan tingkat pembeli baru yang memasuki pasar, semakin tinggi angka itu, iklan seharusnya semakin berkesinambungan. 2. Frekuensi pembelian merupakan rata-rata berapa kali pembeli membeli produk tersebut dalam suatu periode. Semakin tinggi frekuensi pembelian, iklan seharusnya semakin berkesinambungan. 3. Tingkat kelupaan merupakan angka yang menunjukan tingkat kejadian diman p0embeli melupakan suatu merk, semakin tinggi angka itu, iklan seharusnya semakin berkesinambungan. e. Menentukan alokasi geografis media Perusahaan harus memutuskan bagaimana mengalokasi anggaran iklan berdasarkan ruang dan waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar