Jumat, 17 Juni 2011

Jenis-Jenis Bank

Jenis dan macam lembaga Perbankan dibagi dalam tiga jenis, yaitu :
1. Dilihat dari segi fungsinya
Dari segi ini kita kenal :
a. Bank Sentral (Central Bank) ialah Bank Indonesia sebagai dimaksud dalam UUD 1945 dan didirikan berdasarkan Undang-Undang No.13/1968.
b. Bank Umum (Commercial Bank) ialah bank yang dalam pengumpulan dananya menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dan dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka pendek.
c. Bank Tabungan (Saving Bank) ialah bank yang dalam pengumpulan dananya menerima simpanan dalam bentuk tabungan dan dalam usahanya terutama memperbungankan dananya dalam kertas berharga.
d. Bank Pembangunan (Development Bank) ialah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk deposito dan atau mengeluarkan kertas berharga jangka menengah dan panjang, serta dalam usahanya terutama memberikan kredit jangka menengah dan panjang di bidang pembangunan.
e. Bank Desa (Rural Bank) ialah bank yang menerima simpanan dalam bentuk uang dan natura ( padi, jagung, dan sebagainya ) dan dalam usahanya memberikan kredit jangka pendek dalam bentuk uang maupun dalam bentuk natura kepada sektor pertanian dan pedesaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar