Selasa, 07 Juni 2011

PENGENALAN PERBANKAN

Mengenai masalah perbankan tentu tak lepas dari sangkutannya dengan akuntansi. Oleh karena itu kita harus lebih tahu lebih dulu pengertian dari akuntansi. Adapun pengertian dari akuntansi adalah suatu sistem informasi pencatatan dengan cara mengambil keputusan dalam bentuk laporan keuangan yang telah di laksanakan perusahaan. Sedangkan pengertian dari akuntansi perbankan adalah pencatatan data keuangan untuk memenuhi kebutuhan berbagai pihak yang berminat tehadap informasi tersebut seperti laporan kondisi bank, perhitungan pendapatan dan biaya yang dikeluarkan oleh bank serta penghitungan pajak.

Akuntansi bank harus melakukan penilaian untuk menentukan tingkat berkualitas karena sebagai negara ekonomi terbuka indonesia mempunyai hubungan ekonomi yang sangat erat dengan dunia internasional. Dalam hubungan ini, dunia perbankan mempunyai peranan yang sangat besar karena kebanyakan dari transaksi tersebut dilakukan melalui taumenggunakan jasa perbankan.

Hasil pengolahan data akuntansi dalam bentuk laporan keuangan merupakan informasi yang sangat penting baik bagi manajemen bank itu sendiri maupun pihak2 luas yang berkepentingan. Informasi dalam laporan keuangan sangat diperlukan dalam pengambilan berbagai keputusan dan kebijakan penting. Karena itu laporan keuangan harus dapat diyakini kelengkapan da kewajarannya.

Untuk menghasilkan lapoan keuangan yang baik, tentu tidak terlepas dari proses akuntansi seluruhnya. Pada bulan juni 1992 “Ikatan akuntansi indonesia” telah berhasil menyusun “Standar Khusus akuntansi Indonesia (SKAPI)” sebagai acuan resmidalam proses penyusunan laporan keuangan bank. Dengan adanya SKAPI ini, laporan keuangan bank diharapkan dapat tersusun dengan prosedur dan standar yang sama sehingga memuat informasi2 keuangan secara lengkap, wajar dan dapat diperbandingkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar