Jumat, 19 November 2010

Populasi dan Sampel

Populasi penelitian adalah konsumen terhadap pemenuhan hak-hak konsumen KB oleh bidan Delima dan Bidan non Delima di bidan praktek swasta Bekasi, yang bertempat tinggal di Bekasi.
Berdasarkan data Dinas Kependudukan Pemda Bekasi diketahi bahwa pada masing-masing praktek bidan swasta rata-rata melayani sekitar 10 konsumen perbulan. Sehingga dalam 1 bulan populasi konsumen pada 400 tempat praktek bidan swasta sebanyak 4000 konsumen.
Sampel penelitian adalah, konsumen KB oleh bidan Delima dan Bidan non Delima. Karena pada penelitian ini bersifat komparasi atau membandingkan tingkat kepuasan konsumen KB oleh bidan Delima dan Bidan non Delima maka akan digunakan rumus sampel sebagai berikut:
Tabel
Jumlah sampel konsumen KB pada bidan delima dan bidan non delima
no kelompok Jumlah populasi
Praktek bidan Jumlah praktek bidan yang dijadikan sampel Konsumen KB yang dijadikan sampel Jumlah sampel konsumen KB pada masing-masing praktek bidan
1 Non delima 360 10 50 5 responden
2 delima 40 10 50 5 responden
total 400 100 konsumen KB

Berdasarkan tabel di atas dapat diketahui jumlah sampel untuk bidan delima sebanyak 50 konsumen KB dan 50 sampel untuk konsumen KB bidan non delima. Pengambilan jumlah praktek bidan digunakan teknik klaster. Sehingga terambil 10 sampel bidan delima dan 10 praktek bidan non delima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar