Selasa, 30 April 2013

Fungsi Iklan menurut Swastha

Menurut Swastha ( 2000 : 246-248 ), iklan mempunya fungsi sebagai berikut : 1. Memberikan Informasi Iklan merupakan suatu alat bagi penjual dan pembeli untuk memberitahukan informasi kepada pihak lain tentang kebutuhan dan keinginan mereka dapat dipenuhi dengan mengadakan yang memuaskan bagi pembeli barupa penyebaran informasi yang mungkin sedang dicari. 2. Membujuk atau Mempengaruhi Sebagai alat untuk membujuk pembeli potensial dengan menyatakan bahwa suatu produk lebih baik daripada produk lain. 3. Menciptakan Kesan Dengan iklan orang akan mempunyai suatu kesan tertentu tentang suatu produk yang dilakukan dan dengan iklan juga dapat menciptakan kesan kepada masyarakat untuk melaksanakan pembelian secara rasional dan ekonomis. 4. Memuaskan Keinginan Iklan merupakan alat untuk mencapai tujuan dan tujuan itu sendiri berupa pertukaran yang saling memuaskan antara produsen dan konsumen. 5. Sebagai Alat Komunikasi Iklan adalah suatu alat untuk membuka komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli shingga keinginan mereka dapat terpenuhi secara efisien dan efektif.

1 komentar: