Selasa, 30 April 2013

jenis-jenis perilaku pembelian

jenis-jenis perilaku pembelian Pengambilan keputusan konsumen bervariasi dengan jenis keputusan pembelian. Berdasarkan tingkat keterlibatan konsumen dalam pembelian dan tingkat perbedaan antara mer, menurut Kotler ( 2000 : 202 ) perilaku pembelian dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu : 1. Perilaku pembelian kompleks Konsumen melalui proses keputusan yang kompleks apabila mereka sangat terlibat dalam pembelian dan menyadari perbedaan yang nyata antara merk-merk yang berbeda. Konsumen akan sangat terlibat dalam pembelian jika barang tersebut mahal, jarang pembelinya, berisiko tinggi dan sangat memberikan kesan pribadi pembelinya. 2. Perilaku pembeli mengurangi perbedaan Kadang kala konsumen sangat terlibat dalam pembelian tetapi tidak memperlihatkan perbedaan antara merk. Setelah pembelian konsumen akan membenarkan keputusannya. Peranan penting dari komunikasi pemasaran disini adalah berusaha member keyakinan atau kepercayaan atau evaluasi yang membentuk konsumen merasa puas atas pilihannya. 3. Perilaku pembelian berdasarkan kebiasaan Banyak produk yang dibeli dengan kondisi ketelibatan konsumen rendah dan tidak ada perbedaan nyata antara merk. Disni iklan dilakukan berulang-ulang untuk membentuk pengenalan atas merk dan bukan keyakinan akan merk. 4. Perilaku pembelian yang mencari variasi Diberbagai kondisi pembelian ada kalanya terdapat ketelibatan yang rendah dalam pembelian, namun banyak perbedaan antara merk. Konsumen biasanya banyak sekali melakukan pertukaran merk.konsumen melakukan penilaian selama pemakaian produk tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar