Selasa, 30 April 2013

Sifat Iklan menurut Kotler

Kotler ( 2003 : 643 ) menjelaskan bahwa sifat-sifat dari iklan itu adalah sebagai berikut : 1. Presentasi Umum Iklan adalah cara komunikasi yang sangat umum. Sifatnya yang umum itu memberi semacam keabsahan produk dan penawaran yang terstandarisasi karena banyak orang menerima pesan yang sama, pembeli tahu bahwa motif mereka untuk membeli produk tersebut akan dimaklumi oleh umum 2. Tersebar Luas Iklan adalah medium berdaya sebar luas yang memungkinkan penjual mengulang suatu pesan berkali-kali. Iklan juga memungkinkan pembeli menerima dan membandingkan pesan dari berbagai pesan. 3. Ekspresi yang Lebih kuat Iklan memberikan peluang untuk mendramatisasi perusahaan dan produknya melalui penggunaan cetakan, suara dan warna yang penuh seni.namun kadang-kadang kemapuan berekspresi yang terlalu berhasil dari iklan dapat memperlemah pesan atau mengalihkan perhatian dari pesan. 4. Tidak Bersifat Pribadi Iklan tidak memiliki kemampuan memaksa seperti wiraniaga perusahaan. Audiens tidak merasa wajib memperhatikan atau menanggapi. Iklan hanya mampu melakukan monologi, bukan dialog dengan audiens.

1 komentar: