Selasa, 30 April 2013

Pengaruh Iklan Terhadap Proses keputusan Pembeli

Pengaruh Iklan Terhadap Proses keputusan Pembeli Umumnya tujuan dalam kampanye iklan bersumber pada tujuan dibidang pemasaran. Dan tujuan dibidang pemasaran bersumber pada tujuan perusahaan secara keseluruhan. Suatu tujuan bidang periklanan yang lebih baik memang seharusnya mampu menunjukan hubungan terhadap tujuan penjualan. Namun demikian, mengatakan bahwa iklan dapat secara langsung mempengaruhi tingkat penjualan ( sama seperti menyatakan memaksimumkan keuntungan ) sebenarnya juga tidak bersifat operasional. Kemampuan iklan untuk menciptakan sikap yang menyokong terhadap suatu produk mungkin sering bergantung pada sikap konsumen terhadap iklan itu sendiri. Iklan yang disukai atau dievaluasi secara menguntungkan dapat menghasilkan sikap lebih positif terhadap produk iklan yang tidak disukai mungkin menurunkan evaluasi produk oleh konsumen. Penelitian memperlihatkan secara berulang-ulang bahwa sikap terhadap suatu iklan berfungsi sebagai peramal yang signifikan atas sikap terhadap produk. Ini bukan berarti bahwa konsumen harus selalu menyadari suatu iklan agar iklan tersebut efektif, barangkali ada iklan yang tidak disukai tetapi tetap saja berhasil. Sebenarnya pengiklan kadang sengaja membuat iklan yang mengganggu dengan harapan pesannya dapat menerobos kerumunan. Pemasar meluncurkan suatu iklan kepada khalayak melalui berbagai media untuk memperoleh respon atau tanggapan dari konsumen. Tanggapan terakhir tentu saja pembelian ( pemilihan ), namun pemilihan ini merupakan akhir dari proses panjang dari pengambilan keputusan sebagaimana telah diuraikan dalam tahap-tahap proses keputusan pembelian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar