Selasa, 30 April 2013

Tahap menetapkan pesan iklan yg disampaikan

Pengiklanan melalui empat tahap dalam mengembangkan suatu strategi yang kreatif, yaitu : 1. Pembentukan Pesan Pada dasarnya suatu pesan dari suatu produk harus direncanakan atau diputuskan pada saat konsei itu dikembangkan. Pesan produk mengungkapkan manfaat-manfaat utama yang ditawarkan produk tersebut. Tidak menutup kemungkinan pada suatu saat kperusahaan ingin membentuk pesan-pesan iklan tanpa harus mengubah itu, orang kreatif menggunakan berbagai metode untuk mencapai ide iklan guna mencapai tujuan iklan yang dilakuakn melalui pembicaraan dengan konsumen, penyalur, para ahli dan pesaing. Konsumen merupakan sumber penting untuk ide-ide iklan yang baik. Pendapat mereka mengenai kelebihan dan kelemahan produk merupakan kunci penting guna penyusunan strategi kreatif. Semakin banyak iklan yang dibuat, semakin tinggi kemungkinan perusahaan memperoleh iklan peringkat pertama. Tetapi ini diimbangi pula oleh besarnya biaya dan waktu yang dikeluarkan oleh perusahaan. 2. Evaluasi dan Pemilihan Pesan Pembuat iklan harus mengevaluasi berbagai pesan-pesan iklan. Daya tarik yang digunakan dalam pesan-pesan ikaln harus memiliki tiga karakteristik, yaitu : a. Daya tari ini menunjukan manfaat yang membuat konsumen lebih menyukai atau lebih tertarik pada produk itu. b. Daya tarik itu khas, harus menyatakan apa yang membuat produk pembuat iklan lebih baik daripada produk-produk pesaing. c. Seruan dalam pesan itu harus dapat dipercaya ini berarti bahwa pesan-pesan dalam iklan tersebut dinilai dari sifatnya yang membangkitkan keinginan, eksklusif dan masuk akal. 3. Pelaksanaan Pesan Dampak pesan iklan tidak hanya tergantu pada apa yang dikatakan, tetapi juga bagaimana pesan itu disampaikan. Penyampaian pesan sangat menentukan bagi produk-produk yang hamper sama jenisnya. Pemasang iklan harus menyampaikan pesan agar bisa menarik perhatian dan minat khalayak sasaran. Pemasang iklaan biasanya mempersiapkan uraian strategi naskah ikaln ( copy strategy salesmen ) yang menggambarkan tujuan isi, dukungan bunyi iklan yang diinginkan. 4. Kaji Ulang Agar bertanggung jawab secara social, pengiklan juga harus berhati-hati untuk tidak menyinggung kelompok etnik, ras minoritas atau kelompok kepentingan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar